Hukrim

Miliki 1.471 Gram Kokain, 3 Pelaku Dibekuk Polda Kepri

PRIMETIMES.ID, BATAM-
Ditresnarkoba Polda Kepri berhasil menggagalkan aksi penyelundupan narkotika jenis kokain seberat 1.471 (seribu empat ratus tujuh puluh satu) gram.

Dalam penindakan tersebut, diamankan tiga orang tersangka berinisial S alias F, AH dan MHF.

Hal tersebut disampaikan oleh Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol. Jansen Avitus Panjaitan, S.I.K., M.H., pada Selasa (22/5/2023).

Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol. Jansen Avitus Panjaitan, S.I.K., M.H., menjelaskan, penangkapan ini bermula dari operasi yang dilakukan oleh Ditresnarkoba Polda Kepri pada Kamis (18/5/2023) sekira pukul 11.30 WIB, anggota Subdit I Ditresnarkoba Polda Kepri telah melakukan upaya paksa berupa penangkapan terhadap 1 orang laki-laki, yang kemudian diketahui bernama inisial S alias F, di dalam kamar 105 di salah satu wisma di Tanjungpinang Barat karena memiliki, menyimpan, menguasai narkotika golongan 1, jenis serbuk putih jenis kokain.

“Setelah ditimbang, barang bukti seberat 1.471 gram,” ujarnya.

Setelah dilakukan interogasi awal terhadap S alias F, diketahui bahwasannya ia mendapatkan narkotika jenis kokain tersebut dari A yang berada di Desa Letung, Jemaja, Kepulauan Anambas.

Setelah didapatkan data terkait keberadaan A, kemudian pada Sabtu (20/5/2023), anggota Opsnal Subdit 1 berangkat ke Desa Letung, Kepulauan Anambas untuk melakukan pengembangan dan berhasil mengamankan A yang kemudian diketahui bernama inisial AH.

Kemudian dilakukan introgasi terhadap AH terkait keterlibatannya terhadap perkara tindak pidana narkotika yang dilakukan oleh Saudara S alias F.

“Ia mengakui bahwa memang benar AH yang mengirimkan narkotika jenis kokain tersebut kepada S alias F dengan cara dititip ke kapal barang rute Letung – Tanjungpinang yang dikemas dan dicampur dengan oleh-oleh,” tambahnya.

Dari pengakuan AH bahwasannya yang menyuruh AH mengirimkan narkotika jenis kokain tersebut ke S alias F adalah H yang berada di Tanjungpinang.

Pada Minggu (21/5/2023), anggota Opsnal Subdit 1 langsung melakukan pengembangan terhadap H.

“Sekira pukul 18.00 WIB, H yang kemudian diketahui bernama lengkap inisial MHF diamankan di pintu kedatangan Pelabuhan Telaga Punggur saat turun dari kapal rute Tanjungpinang – Batam,” tambah Kombes Pol Jansen Avitus Panjaitan.

Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Pol. Jansen Avitus Panjaitan, S.I.K., M.H., menambahkan, barang bukti yang diamankan berupa 1 paket kantong putih yang berisi serbuk narkotika jenis kokain seberat 1.471 gram, 4 unit handphone dengan berbagai merk, 3 unit simcard, 1 buah tas sandang warna biru bertuliskan astronot dan 1 buah KTP.

Pasal yang dipersangkakan terhadap para tersangka adalah Pasal 114 ayat (2) dan 112 ayat (2) Juncto Pasal 132 ayat (1) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika.

“Ancaman hukuman maksimal hukuman mati, atau hukuman penjara seumur hidup atau hukuman penjara paling lama 20 tahun dan paling singkat 6 tahun,” tutup Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol. Jansen Avitus Panjaitan, S.I.K., M.H.

(S: Humas Polda Kepri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker