Seputar Kepri

Kota Tanjungpinang Raih Adipura Tahun 2023

PRIMETIMES.ID, TANJUNGPINANG-
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memberikan penghargaan Adipura tahun 2023 kepada kabupaten dan kota yang dinilai berhasil mengelola kebersihan di daerahnya.

Kota Tanjungpinang menerima piala Anugerah Adipura kategori kota sedang, yang diterima langsung oleh Penjabat (Pj.) Wali Kota Tanjungpinang, Hasan S.Sos di Gedung Manggala Wanabakti Kementerian LHK, Selasa (5/3/2024).

Penghargaan Adipura diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada kabupaten/kota dengan kinerja baik dalam pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau, dalam bentuk Anugerah Adipura Kencana, Anugerah Adipura, Sertifikat Adipura, dan Plakat Adipura.

Dalam sambutannya, Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengharapkan, penghargaan Adipura menjadi representasi kesungguhan dalam mengatasi persoalan lingkungan, persoalan sampah dan ruang terbuka hijau.

“Semoga dengan penghargaan ini yang merupakan bentuk apresiasi menjadi memicu semangat mengatasi persoalan sampah di masing-masing wilayah,” ucapnya.

Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar menambahkan, pemberian penghargaan Adipura 2023 dilakukan berdasarkan hasil pemantauan fisik kota, penilaian kinerja pengelolaah sampah dan ruang terbuka hijau (RTH), penilaian kondisi operasional dari TPA, serta melihat inovasi yang dilakukan daerah dalam mewujudkan kota bersih, teduh dan berkelanjutan.

“Adipura merupakan penghargaan kota yang berhasil dalam kebersihan, serta pengelolaan lingkungan perkotaan dengan tujuan kepemimpinan dan komitmen pemerintah kota/kabupaten serta membangun partisipasi aktif seluruh lapisan masyarakat untuk berperan menyelaraskan pembangunan ekonomi hijau, fungsi sosial dan fungsi ekonomi pembangunan dengan menerapkan prinsip tata pemerintah yang baik bagi kota berkelanjutan,” kata Siti.

Sementara itu, Hasan mengungkapkan rasa syukur atas keberhasilan Kota Tanjungpinang meraih anugerah Adipura kategori kota sedang bersama 106 kabupaten/kota lainnya.

“Anugerah adipura ini sebagai penghargaan dari Presiden Republik Indonesia melalui Kementerian Lingkungan Hidup terhadap kabupaten dan kota yang dianggap mampu menunjukkan kinerja pengelolaan lingkungan hidup perkotaan yang baik,” jelasnya.

Hasan mengatakan, bersama jajaran Perangkat Daerah akan terus berkomitmen untuk menjaga kebersihan lingkungan dan pengelolaannya.

“Dengan anugerah Adipura ini akan menjadi penyemangat dan motavasi untuk terus berbuat dan menjaga kebersihan lingkungan. Maka atas nama Pemerintah Kota Tanjungpinang mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat, Komunitas Lingkungan, Proklim, Bank Sampah, RT/RW, dan perangkat daerah yang terus mendukung dalam menciptakan lingkungan bersih di Kota Tanjungpinang,” pungkasnya.

(S: Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setdako Tanjungpinang)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker