Peristiwa

Kapal Tanker MT Christine Terbakar, 3 ABK Belum Ditemukan

PRIMETIMES.ID, MATARAM-
Sebuah kapal jenis tanker bernama MT Christine terbakar di perairan Ampenan, Kota Mataram pada Minggu 26/3/2023 sore.

Kepala Kantor SAR Mataram, Lalu Wahyu Efendi mengatakan, terdapat 17 Anak Buah Kapal (ABK) dalam kapal tersebut, sebanyak 14 orang berhasil dievakuasi dengan selamat menggunakan life raft dan perahu nelayan, sementara sisanya masih dalam pencarian tim SAR gabungan.

“Semua ABK yang selamat dievakuasi ke depo Pertamina Ampenan,” kata Wahyu.

Sebelumnya, Kantor SAR Mataram telah menerjunkan puluhan personil untuk melakukan upaya pencarian terhadap tiga orang korban yang masih belum ditemukan.

Adapun alat utama (alut) yang digunakan antara lain kapal Rescue Boat (RB) 220 Mataram, Rigit Inflatable Boat (RIB), dan peralatan pendukung lainnya.

Sementara upaya pemadaman api dilakukan menggunakan kapal TB Samudra Makmur 02 yang diberangkatkan dari Pelabuhan Lembar, Lombok Barat.

Sekira pukul 21.00 WITA api berhasil dipadamkan dan dilanjutkan dengan proses pendinginan.

“Hingga pagi ini, ketiga korban masih belum ditemukan dan pencarian masih berlanjut,” tandas Lalu Wahyu Efendi, Senin, 27/3/2023.

Menurut keterangan dari Kapolsek Ampenan, AKP Faisal Afrihadi, insiden tersebut bermula sekitar pukul 14.30 WITA.

“Kapal saat itu menunggu antrean untuk mendistribusikan BBM ke Depo Pertamina Ampenan. Ada tiga ABK menuju bagian depan kapal untuk menurunkan jangkar. Tiba-tiba terjadi ledakan dan membakar bagian haluan kapal tersebut,” ujarnya.

Selain dari Basarnas Mataram, unsur yang terlibat dalam operasi pemadaman kapal terbakar dan pencarian korban terdiri dari TNI AL, Polda NTB, Polair, Pertamina, TB Samudra Makmur 02, KUPP Batu Layar, KSOP Lembar, Pelindo Lembar, BPBD, warga setempat, dan unsur lainnya.

(S: Basarnas Mataram)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker