Seputar Kepri

Via Vicon, Karumkital dr. MDTS Ikuti Pembukaan Taklimat Awal Reviu LK TNI AL Semester II T.A. 2021

PRIMETIMES.ID, TANJUNGPINANG-
Melalui sambungan video conference, Kepala Rumah Sakit TNI Angkatan Laut (Karumkital) dr. Midiyato Suratani Kolonel Laut (K) dr. Edwin M. Kamil, Sp.B.,FiCS.,FinaCS dengan didampingi Koordinator Pokli Bid Dik Kesla Letkol Laut (K) Edy Heryana, SKM dan Kabag Renprogar Letkol Laut (K) Cahyo Wahyu Utomo, A.Md.,SKM mengikuti giat pembukaan Taklimat Awal Review Itjenal Laporan Keuangan TNI AL Semester II T.A. 2021 (UNAUDITED), yang diadakan secara terpusat di Koarmada III Sorong dari ruang rapat Karumkit, Jln. Ciptadi No. 01 Tanjungpinang, Kepri, Senin (10/01/2022).

Pada kegiatan yang berlangsung secara luring dan virtual tersebut dihadiri oleh Irjenal Laksda TNI Sunaryo, CFrA sebagai penanggung jawab, Irben Itjenal Laksma TNI Fransiscus Sugeng Riyanto.,S.A.P.,M.Tr (Han) sebagai pengendali teknis, Irutku Itjenal Kolonel Laut (S) Dr. Hery Setiyo Nugroho, S.E.,MAP.,CHRMP sebagai Ketua Tim, Irdya Dalminku Itben Itjenal Letkol Laut (S) Sapto Rahardjo, S.E sebagai Sektim dan anggota Tim yang ditunjuk berdasarkan surat perintah Kasal sebagai Tim Audit serta 16 Entitas untuk wilayah Papua, Surabaya, Tanjungpinang dan Jakarta yang mengikuti secara virtual dari satuan masing-masing.

Diikutinya dalam pembukaan pembacaan taklimat awal review (entry meeting) ini adalah merupakan salah satu tahap yang sangat penting yang berpengaruh pada keberhasilan dan kelancaran pelaksanaan pemeriksaan, karena merupakan salah satu bentuk komunikasi antara pemeriksa dan entitas agar tercipta kesamaan persepsi untuk mendukung kelancaran pelaksanaan wasrik.

Dalam acara pembukaan Taklimat Awal Reviuw Laporan Keuangan TNI AL Semester II Tahun 2021 yang dipimpin oleh Irben Itjenal mewakili Irjenal tersebut, Irben Itjenal Laksma TNI Fransiscus Sugeng Riyanto.,S.A.P.,M.Tr (Han) dalam sambutannya mengatakan, Taklimat Awal Review Itjenal Laporan Keuangan TNI AL Semester II T.A. 2021 (UNAUDITED) ini adalah merupakan program kerja pengawasan tahunan (PKPT) Itjenal 2022, dalam rangka penyusunan LK Kemhan RI TA. 2021 sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang keuangan negara dan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004 tentang perbendaharaan negara.

Lebih lanjut ia mengatakan, jika sesuai dengan standar akuntansi pemerintah bahwa review pada dasarnya merupakan penelaahan atau penelusuran angka-angka dalam laporan keuangan permintaan keterangan dan analitik.

“Sehingga nantinya diperoleh hasil yang memadai bagi aparat pengawasan intern pemerintah yang bertujuan untuk memberikan keyakinan terbatas, bahwa tidak ada modifikasi material yang dilakukan atas laporan keuangan agar laporan keuangan tersebut sesuai dengan standar akuntansi pemerintah,” ungkap Irben Itjenal.

Pada kesempatan tersebut, Irben Itjenal Laksma TNI Fransiscus Sugeng Riyanto.,S.A.P.,M.Tr (Han) sebagai pengendali teknis juga berharap, agar penyusunan laporan keuangan tahun 2021 khususnya UO TNI Angkatan Laut dapat di peroleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Mengingatkan, meskipun saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19, berharap tidak berdampak yang signifikan terhadap pelaksanaan maupun kualitas hasil review.

Seluruh Satker agar dapat memberikan data informasi serta penjelasan sesuai dengan yang dibutuhkan untuk mendukung pelaksanaan review.

“Beberapa penekanan untuk dilaksanakan dan dipedomani bagi 16 entitas yang tersebar di wilayah Papua, Surabaya, Tanjungpinang dan Jakarta di antaranya, check kembali masalah keuangan dan pengadaan barang, terima keluar terima masuk (TKTM), simak BMN, harga perkiraan sendiri (HPS) dan lain-lain, kemudian siapkan dokumen pengadaan-pengadaan barang yang sudah, belum terlaksana dan belum selesai administrasinya, penyerapan anggaran agar disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku dan agar menyiapkan administrasi cash opname dan stock opname,” pungkasnya.

Dari hasil pantauan, pelaksanaan pemeriksaan dan pengawasan oleh Itjenal yang akan diadakan selama 21 hari kedepan terhitung mulai tanggal 10 s.d 31 Januari 2022 mendatang.

Tujuan dari audit ini adalah untuk menilai efektifitas dan efesiensi penyelenggaraan program kerja dan anggaran yang sudah, sedang dan akan dilaksanakan serta untuk mencegah terjadinya kesalahan maupun penyimpangan dalam pelaksanaan tugas pokok, dari temuan permasalahan dan kendala pelaksanaan program kerja di lingkungan satuan kerja masing-masing nantinya bisa diupayakan dapat diberikan solusi terbaik dalam pemecahan permasalahan dan kendala yang ditemukan oleh tim audit.

Sehingga diperlukan untuk keberhasilan dalam pelaksanaan audit, sangat tergantung adanya kerjasama dan dukungan dari seluruh satker yang ada di 16 entitas sesuai yang disebutkan, baik dari aspek kelengkapan dokumen maupun keterbukaan informasi.

Menyikapi untuk mendukung kelancaran dan kesuksesan dalam pemeriksaan yang akan dilaksanakan di Rumkital dr. Midiyato Suratani sesuai jadwal review Itjenal yang ditentukan pada tanggal 20 Januari 2022 mendatang, Karumkital dr. Midiyato Suratani menekankan kepada seluruh Satker terkait di RSAL dr. Midiyato Suratani agar menyiapkan seluruh administrasi pertanggungjawaban keuangan dan pengadaan barang sesuai ketentuan yang berlaku.

Dalam hasil pemantauan, selama kegiatan pembukaan taklimat awal review LK TNI AL Semester II T.A. 2021 berlangsung, pelaksanaan dapat berjalan lancar dan aman, terlihat seluruh peserta baik yang mengikuti secara luring maupun virtual dapat mengikutinya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

(S: MJA/FIP/Pen RSAL dr. MDTS).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker