Seputar Kepri

Patikan Pelaksanaan Latihan Berjalan Lancar, Apel Kelengkapan dan Geladi Bersih Manlap Digelar

PRIMETIMES.ID, TANJUNGPINANG,
Setelah berjalan selama tiga hari berturut-turut, pelaksanaan tahapan metode latihan mulai dari Pelajaran Teori, Geladi Parsial oleh masing-masing bagian dan Olah Yudha atau Tactical Floor Game (TFG) dilaksanakan, maka selanjutnya digelar apel kelengkapan dan geladi bersih Manlap (Manuver lapangan) di Apron Markas Komando (Mako) Pangkalan Udara TNI Angkatan Laut (Lanudal) Tanjungpinang, Kamis (07/11).

Dalam kesempatan tersebut, Komandan Pangkalan Udara TNI Angkatan Laut (Danlanudal) Tanjungpinang Letkol Laut (P) Dani Achnisundani S.H., M.Tr. Hanla. selaku Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Latihan Pengamanan (Latpam) Lanudal Barat 2019 mengatakan, “Hal ini untuk memastikan pelaksanaan latihan yang akan dilaksanakan pada Jumat (08/11/2019) di Bandara Internasional Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang dapat berjalan lancar, aman dan sukses serta Zero Accident.”

Dalam kegiatan apel kelengkapan semua personel dan perlengkapan serta peralatan yang terlibat sebagai pelaku dan pendukung kegiatan Latpam Lanudal Barat 2019, digelar dan diperiksa kesiapannya oleh Dirops Puspenerbal Kolonel Laut (P) Andri Wahyudi selaku Kawasdal latihan dengan didampingi Dansatgaslat Letkol Laut (P) Dani Achnisundani S.H., M.Tr. Hanla., Penasehat latihan dari Mabesal Kolonel Marinir I Wayan Ariwijaya, Dankolat Penerbal Kolonel Laut (P) Henoch Nasarius Virzawan S.E., M.Tr (Han) selaku penilai latihan, Peninjau dari Sopsal Mabesal Letkol Laut (P) Eko Setiyono dan Penilai dari Kolat Koarmada I.

Disamping itu, juga ikut dalam pemeriksaan kesiapan personel dan material Latpam Lanudal Barat TA. 2019, Wadan Wing Udara 1 Tanjungpinang Letkol Laut (P) Bambang Edi S., EGM Bandara RHF, M. Syahril, GM Airnav Bandara RHF Dwi Jaya Putra, Kapolsek Bandara RHF IPTU Ahmad Saputra, Kadin AVSEC Garry M., Kadin PK Bandara RHF Ahmad Amin dan tamu undangan.

Menanggapi pelaksanaan apel kelengkapan dan geladi bersih manlap, Danlanudal Tanjungpinang mengungkapkan, “Jika seluruh peserta dan perlengkapan material masing-masing bagian disiapkan secara maksimal dalam gelaran apel kelengkapan, maka geladi Manuver lapangan (Manlap) sebagai puncak latihan akhir dari rangkaian tahapan metode latihan, dapat menjadi suatu gambaran hasil dari pelaksanaan latihan sesuai dengan skenario atau tidak.”

Selesai pelaksanaan geladi bersih manlap, Danlanudal Tanjungpinang di hadapan seluruh peserta dan pendukung menyampaikan, geladi bersih manlap yang sekarang dilaksanakan di Apron Lanudal Tanjungpinang di skenariokan sebagaimana pelaksanaan Latpam Lanudal Barat TA.2019 yang akan dimainkan di Bandara RHF besok.

“Sehingga diharapkan, semua bisa mengerti dan memahami, “siapa harus berbuat apa,” tegasnya.

Lebih lanjut Danlanudal Tanjungpinang sampaikan, secara global skenario keseluruhan pelaksanan Latpam Lanudal Barat 2019, diawali dari terjadinya kerusuhan di bandara. Massa semakin banyak sehingga AVSEC tidak mampu menangani, GM Bandara RHF menghubungi Lanudal Tanjungpinang.

“Lanudal Tanjungpinang mengarahkan tim PHH untuk melaksanakan pengamanan, di samping itu juga melaporkan ke komando atas dan instansi samping terkait lainnya. Massa perusuh semakin banyak dan tidak bisa dihalau tim PHH dari Lanudal Tanjungpinang, akhirnya datang bantuan dari tim PHH satuan lain. Sementara di sisi lain ada aksi teror dari calon penumpang pesawat yang memaksa masuk dan menyandera petugas bandara serta meninggalkan tas diduga berisi bom dan di tubuhnya ditemukan bom dan berhasil dilumpuhkan Kopaska TNI AL,” ujarnya.

“Pelaku teror yang luka tembak dievakuasi tim medis TNI AL dengan pesawat Helikopter TNI AL, sementara untuk korban kerusuhan massa di evakuasi tim medis ke RSAL, provokator berhasil ditangkap tim PHH dan massa berhasil dibubarkan. Saya harap semua paham dan mengerti urut-urutan itu, siapa harus berbuat apa,” tandas Danlanudal Tanjungpinang.

Harapan kami, lanjutnya, dalam pelaksanaan nanti ada peningkatan.

“Sehingga harapan komando atas untuk meningkatkan profesionalme prajurit angkatan laut untuk secara bersama-sama instansi terkait lainnya menjaga keamanan objek vital strategis nasional dapat terwujud melalui doktrin-doktrin latihan pengamanan yang kita lakukan saat ini,” tutup Danlanudal Tanjungpinang.

(Pen Lanudal Tanjungpinang).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker