Nusantara

Kang Emil Kunjungi Pulau Penyengat, Takjub Lihat Keindahan Arsitektur Masjid Sultan Riau

PRIMETIMES.ID, TANJUNGPINANG- Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) H. Ansar Ahmad mengajak Ridwan Kamil (akrab disapa Kang Emil, red) berkunjung ke Pulau Penyengat untuk melihat arsitektur Masjid Raya Sultan Riau pada Minggu (31/3/2024).

Setibanya di Pulau Penyengat, mantan Gubernur Jawa Barat 2018-2023 tersebut bersama Ansar langsung menunaikan ibadah Salat Zuhur berjamaah di Masjid Sultan Riau.

Kang Emil kemudian melihat keindahan arsitektur Masjid Sultan Riau yang dibangun tahun 1803 itu.

Sebagai arsitektur ulung yang telah banyak merancang masjid terkenal di Indonesia, Kang Emil terlihat begitu takjub dengan bentuk Masjid Sultan Riau.

Terlebih setelah ia tahu salah satu bahan campuran untuk membangun masjid ini adalah putih telur.

Kang Emil juga masuk ke dalam Rumah Sotoh di pelataran Masjid Sultan Riau untuk melihat beragam koleksi Kutubkhanah Marhum Ahmadi yang dipamerkan dalam Pameran Kitab dan Mushaf Al Qur’an.

Selanjutnya, dari Masjid Sultan Riau, Kang Emil bergerak menuju makam Raja Ali Haji dan makam Raja Haji Fisabilillah untuk berziarah sekaligus mendengarkan dengan seksama perjuangan dua tokoh pahlawan nasional tersebut.

Kang Emil pun mengakhiri kunjungannya di Pulau Penyengat dengan meninjau Balai Adat dan melihat rancangan pembangunan Monumen Bahasa Nasional yang dipaparkan Gubernur Ansar.

Dalam keterangannya, Kang Emil yang baru pertama kali berkunjung ke Pulau Penyengat mengaku terkesima dengan kekayaan budaya dan warisan Melayu yang ada di Pulau Penyengat.

Salah satunya adalah Gurindam Dua Belas yang merupakan karya monumental Raja Ali Haji.

“Yang paling dikenal oleh kita generasi pasca kemerdekaan adalah ternyata bahasa persatuan kita bahasa Indonesia ternyata akarnya datang dari sini,” kata Kang Emil.

(Red)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker