Hukrim

Ops Keselamatan Seligi 2024 Polres Bintan Masuki Hari ke- 2, Ini Hasilnya

PRIMETIMES.ID, BINTAN-
Operasi Keselamatan Seligi 2024 Polres Bintan adalah upaya kolaboratif yang dilakukan oleh berbagai pihak, terkait untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan masyarakat, khususnya di jalan raya.

Operasi ini melaksanakan berbagai strategi dan tindakan proaktif guna mengidentifikasi, mencegah dan menanggulangi berbagai resiko dan pelanggaran berlalu lintas, seperti yang dilaksanakan oleh Satgas Operasi Keselamatan Seligi 2024 Polres Bintan, Selasa (5/3/2024).

Memasuki hari ke- 2 operasi keselamatan, Polres Bintan terus mengedukasi serta menekankan tentang keselamatan berlalu lintas dengan memprioritaskan pendidikan dan penyuluhan kepada masyarakat, agar masyarakat disiplin dalam berkendara.

Setelah 2 hari berjalannya operasi, Polres Bintan melaksanakan berbagai kegiatan, antara lain: melakukan peneguran terhadap pengguna jalan yang melanggar aturan lalu lintas, pengaturan arus lalu lintas, patroli, dan melakukan imbauan tata cara keselamatan berlalu lintas.

Menurut data yang didapat, hingga hari ke- 2, hasil pelaksanaan Operasi Keselamatan Seligi 2024 Polres Bintan telah melakukan teguran kepada pengendara sebanyak 58 kali dan imbauan sebanyak 98 kali, serta melaksanakan patroli 113 kali.

Dari hasil tersebut polisi bersama instansi terkait terus berupaya meningkatkan patroli dan pengawasan di area rawan kejahatan dan kecelakaan, serta terus giat memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya kepatuhan terhadap hukum dan peraturan berlalu lintas.

Kapolres Bintan AKBP Riky Iswoyo, S.I.K., M.M melalui Kasi Humas Polres Bintan IPTU Missyamsu Alson mengatakan, bahwa dalam pelaksanaan operasi keselamatan ini diutamakan pada imbauan dan edukasi dengan tujuan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas.

“Kita fokuskan imbauan kepada masyarakat pengguna jalan raya, khususnya kepada masyarakat yang sering melakukan pelanggaran lalu lintas,” kata Kasi Humas.

Iptu Alson juga menyampaikan cara edukasi dan imbau dilakukan dengan cara memberikan penyuluhan kepada pelajar ke sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Bintan. Karena menurut data yang dimiliki, sebagian besar pelanggar lalu lintas adalah dari kaum pelajar yang belum saatnya diperbelohkan mengendarai kendaraan.

“Kita berikan imbauan dulu, lalu kita berikan teguran dengan mencatat identitas dan pengendara dan kendaraannya. Namun kalau sudah beberapa kali dilakukan peneguran maka kita akan lakukan upaya penilangan,” lanjut Kasi Humas.

Dengan pelaksanaan operasi keselamatan ini, lanjut Alson, diharapkan dapat tercipta situasi yang lebih kondusif.

“Serta dapat mengurangi angka kejahatan dan kecelakaan khususnya di jalan raya,” ujarnya.

(Red)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker