Hukrim

Dipimpin Kombes Pol Ade Djadja Subagdja, Tim Puslitbang Polri Lakukan Penelitian di Polres Bintan

PRIMETIMES.ID, BINTAN-
Tim Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Polri, melakukan penelitian di Polres Bintan dalam rangka meninjau langsung yang dilakukan oleh Polres Bintan dalam rangka menanggulangi intoleransi dan radikalisme untuk mencegah terorisme.

Tim Puslitbang dipimpin oleh Kombes Pol Ade Djadja Subagdja dengan membawa beberapa staf, melakukan penelitian yang dilaksanakan di gedung Aula Sarja Arya Racana Polres Bintan, Selasa (14/11/2023).

Kedatangan tim Puslitbang disambut oleh Kapolres Bintan, AKBP Riky Iswoyo, S.I.K., M.M, Wakapolres Bintan, Kompol M. Tahang, S.Ag, dan pejabat utama Polres Bintan.

Tim puslitbang melakukan penelitian kepada pejabat pembina fungsi di Kepolisian Resor Bintan khususnya di bidang pelayanan, seperti: SatIntelkam, Satbinmas, Satsamapta dan Seksi Humas serta Bhabinkamtibmas.

Tim Puslitbang juga melakukan penelitian terhadap instansi di luar Polres Bintan yang turut hadir, yaitu dari perwakilan Bhayangkari Cabang Bintan seksi Kebudayaan dan Organisasi, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan, Kemenag Bintan, Sekretaris Kesbangpol Kabupaten Bintan, perwakilan dari Kepala Sekolah, perwakilan Guru MTSN Bintan, Ketua BKAG Bintan, Ketua FKUB Bintan.

Saat pembukaan, Ketua Tim, Kombes Pol Ade Djadja Subagdja, S.I.K, M.H, yang didampingi oleh Wakapolres Bintan Kompol M. Tahang, S.Ag, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Polres Bintan dan tamu undangan dari eksternal yang telah hadir di kegiatan tersebut.

‚ÄúTerkait permasalahan intoleransi dan radikalisme, bukan hanya tertuju terhadap suatu agama tertentu, namun terhadap kelompok yang fanatik dan menganggap kelompoknya lah yang paling eksklusif,” kata Kombes Ade.

Saat pelaksanaan penelitian, Kombes Ade meminta kepada peserta agar memberikan informasi yang riil dan akurat.

“Agar Polri dapat menentukan dan mengambil langkah-langkah untuk pencegahan terjadinya radikalisme di Kabupaten Bintan,” tambahnya.

Dalam penelitian, sejumlah pejabat ditanyakan langkah-langkah satuannya dalam pencegahan dan menangkal terjadinya radikalisme di Kabupaten Bintan.

Setelah penelitian dilakukan, didapat kesimpulan bahwa di Kabupaten Bintan setiap instansi telah melakukan pencegahan untuk menangkal terjadinya radikalisme.

Hal tersebut diungkapkan oleh salah satu peserta dari Dinas Pendidikan, bahwa mulai dari anak sekolah usia dini, yaitu murid TK dan SD sudah ditanamkan budaya bertolansi antar umat beragama.

Usai penelitian, Wakapolres Bintan Kompol M. Tahang, S.Ag. mengucapkan terima kasih kepada tim Puslitbang yang telah melakukan penelitian di Polres Bintan.

“Dari penelitian ini kita bisa langsung mendapatkan informasi baik dari internal Polres Bintan maupun dari eksternal, sehingga dengan saran dan petunjuknya dapat dijadikan acuan untuk menciptakan situasi kamtibmas di Kabupaten Bintan yang kondusif,” ujarnya.

(Red)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker