Nasional

Anak Seorang Tukang Cukur Asal Depok Jadi Taruna Akmil

PRIMETIMES.ID, JAKARTA-
Akademi Militer meluncurkan podcast Sersan Taruna Yanwar Jumowo No. AK. 2020.247 bersama Iqbal dari Radio Tidar sebagai pemandu acara yang bertempat di Museum Taruna Abdul Djalil Akademi Militer, Jum’at (21/01/2022).

Dalam mengawali acara tersebut Iqbal memperkenalkan Sersan Taruna Yanwar Jumowo yang berasal dari Depok, Jawa Barat, putra tertua dari pasangan Bapak Tarman dan Ibu Sunarsih. Pasangan Bapak Tarman dan Ibu Sunarsih mendapatkan karunia dua orang anak, yang pertama Sersan Taruna Yanwar Akademi Militer dan yang ke dua Rohmi Asni masih duduk di bangku Sekolah Dasar Kelas V di SDN Sukamaju Baru 2 Depok.

“Sertar Yanwar ini berasal dari keluarga biasa-biasa, tapi berhasil mewujudkan mimpinya menjadi Taruna Akmil, calon perwira TNI-AD yang siap mengabdi kepada bangsa dan negara,” ujarnya.

Kemudian Sertar Yanwar memberikan penjelasan bahwa orang tuanya seorang yang berprofesi sebagai tukang cukur di Mabesad.

“Sewaktu kecil saya sering diajak ayah ke Mabesad menemani dan melihat ayah menjalani rutinitas mencukur,” terangnya.

Semenjak SMA ia mulai mengenal tentara dan taruna akmil, maka ia berniat untuk masuk menjadi taruna akmil.

“Alhamdulillah dengan sekali tes langsung lolos,” jelasnya.

“Untuk awal mula pendaftaran melalui online website TNI AD, mempersiapkan bahan administrasi atau berkas-berkas yang diperlukan, lakukan daftar ulang setelah itu melaksanakan materi tes dengan penuh semangat seperti tes akademik, kesehatan, jasmani, berkas/administrasi. Untuk berkas yang dipersiapkan seperti ijazah SMA, nilai raport, akte kelahiran ijazah SD, SMP dan SMA,” lanjut Sertar Yanwar.

Kemudian, lanjutnya, tes di tingkat Panitia Daerah bersaing, ada tes psikologi yang merupakan materi tes yang menjadi momok bagi peserta tes karena pada materi tes psikologi tersebut banyak yang gagal.

“Untuk pendidikan integrasi berkesan seru, karena kita dapat mengenal taruna dari AAL, AAU dan Akpol. Taruna dididik untuk menjadi seorang perwira yang handal,” ujarnya.

Pesan Sertar Yanwar untuk para pemuda Indonesia yang ingin mendaftar taruna akademi militer untuk tetap menjaga kesehatan dan jasmani.

“Bisa ikut pembinaan-pembinaan jasmani di daerah masing-masing. Yang lebih utama siapkan mental, tidak lupa belajar dengan sungguh-sungguh materi yang diajarkan dan jangan lupa meminta doa restu kepada orang tua,” ujarnya.

“Harapannya, kita menjadi taruna akademi militer untuk membanggakan, mengangkat serta membahagiakan keluarga dalam pengabdian kepada nusa dan bangsa melalui akademi militer,” pungkasnya.

(S: Puspen TNI)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker