Seputar Kepri

Bantu Jaga Keamanan di PT. BAI, Pos Pengamat TNI AL Diresmikan

PRIMETIMES.ID, BINTAN- Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I, Laksamana Muda TNI Arsyad Abdullah, S.E., M.A.P., meresmikan Pos Pengamat TNI Angkatan Laut Galang Batang yang terletak di Galang Batang, Bintan, Kepulauan Riau, Selasa (12/10/2021) sore.

Acara tersebut diawali dengan doa, kemudian penyerahan surat hibah dari perwakilan Direktur PT. Bintan Alumina Indonesia (PT. BAI) George Santos kepada Danlantamal IV, Laksamana Pertama TNI Dwika Tjahja Setiawan, S.H., M.H.. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan Pangkoarmada I sekaligus penekanan tombol pembuka tirai papan nama Posmat Galang Batang.

Setelah sambutan, penandatanganan prasasti, prosesi adat tepuk tepung tawar, pengguntingan pita, lalu meninjau Posmat. Acara ditutup dengan foto bersama di depan Posmat.

Dalam sambutannya, Pangkoarmada I mengatakan, Pos Pengamat TNI Angkatan Laut merupakan perpanjangantangan dari Lantamal maupun Lanal, khususnya melaksanakan pengamatan terhadap aktivitas kegiatan di perairan atau di pesisir.

“Terkait dengan keberadaan PT. BAI di Kawasan Ekonomi Khusus, Galang Batang, Bintan, di mana kegiatannya banyak melaui laut. Seperti telah kita lihat bersama, sudah berdiri pabrik alumina yang bahan dasarnya adalah bauksit. Banyak bahan mentah bauksit dikirim dari Kalimantan, Jawa dan Kepri sendiri, semuanya lewat laut, sehingga keberadaan Posmat sangat dibutuhkan dalam rangka menjaga keamanan khususnya lalu lintas pelayaran,” jelasanya.

“Dengan diresmikannya Posmat TNI Angkatan Laut Galang Batang, saya berharap dapat membantu dan ikut menjaga keamanan di PT. BAI. Tentunya akan ada bentuk kerjasama antara PT. BAI, TNI Angkatan Laut dan Pemerintah Daerah sehingga perekonomian maju dan berkembang dengan adanya kawasan ekonomi khusus,” pungkas Pangkoarmada I.

Hadir dalam kegiatan tersebut: Wadanlantamal IV Kolonel Marinir Andi Rahmat M, Dansatkat Koarmada I, Dansatran Koarmada I, para Pejabat Utama Lantamal IV, para Kadis/Kasatker, Ketua Daerah Jalasenastri Armada I Ny. Arsyad Abdullah, serta Ketua Korcab IV DJA I Anna Dwika.

(S: Dispen Lantamal IV)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker