Nusantara

Rudal Yon Arhanud 10/Gagak Hitam Hancurkan Pesawat Tanpa Awak di Wilayah Udara Baturaja

PRIMETIMES.ID, JAKARTA-
Latihan puncak YTP 203/AK TA. 2021 yang dilaksanakan pada Selasa, 22 Juni 2021 di Puslatpur, Baturaja, Sumatera Selatan, merupakan bukti nyata bahwa Yonarhanud 10/Gagak Hitam memiliki peran yang sangat penting dalam keberhasilan suatu pertempuran, di mana alutsista canggih dan prajurit yang profesional menjadi ciri khas Batalyon Arhanud 10/Gagak Hitam.

Dalam keterangan tertulis dari Batalyon Arhanud 10/Gagak Hitam, Yonarhanud 10/GH merupakan satu-satunya Batalyon Rudal di Indonesia khususnya TNI AD, yang saat ini berada di bawah naungan Kodam Jaya/Jayakarta.

Rudal Mistral Atlas merupakan rudal terbaru yang dimiliki oleh Korps Arhanud TNI AD dan juga merupakan rudal canggih jarak pendek yang memiliki tingkat akurasi di atas 95 persen dan dalam hitungan detik, rudal Mistral Atlas mampu melesat dengan kecepatan 2,8 Mach menuju sasaran serta menggunakan sistem penembakan Fire and Forget dengan rudal berhulu ledak Proximity Fuse.

Pelaksanaan puncak latihan YTP 203/AK dalam operasi serangan ini diawali dengan skenario pasukan inti yang bermanuver bergerak menuju sasaran dan diikuti oleh pesawat intai musuh (Bhansee) yang terbang rendah siap menyerang serta menghancurkan pasukan yang bermanuver.

Di sinilah bukti kehebatan Batalyon Arhanud 10/Gagak Hitam mampu dengan mudah melacak dan menghancurkan dua pesawat tempur musuh yang mengancam pasukan inti yang bermanuver.

Sebanyak 1.154 Prajurit TNI AD, dari berbagai satuan dan kecabangan jajaran Kodam Jaya/Jayakarta tergabung dalam latihan YTP 203/AK melaksanakan latihan operasi militer untuk perang (OMP), dengan organisasi yang disusun secara komposit agar memiliki daya tempur yang tinggi.

Pada pelaksanaan latihan puncak YTP 203/AK TA. 2021 ini, dihadiri oleh Komandan Kodiklat TNI AD (Dankodiklatad) Letjen TNI A.M. Putranto, S.Sos., Danpussenif Letjen TNI Arief Rahman, M.A., Ir Kodiklat TNI AD Mayjen TNI Gabriel Lema, Danpussenarhanud Mayjen TNI Nisan Setiadi, S.E., Danpussenarmed Mayjen TNI Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M.Tr (Han)., Dansecapa Mayjen TNI Ferry Zein, Kasdam Jaya/Jayakarta Brigjen TNI M. Saleh Mustafa, Danpuslatpur Brigjen TNI Judi Paragina Firdaus, M.Sc., Dirjian Kodiklatad Brigjen TNI Syaiful Rahman, Danbrigif Kolonel Inf Andri dan seluruh Dansat Jajaran yang terlibat latihan YTP 203/AK TA. 2021.

Usai pelaksanaan latihan operasi serangan, Dankodiklatad Letjen TNI A.M Putranto, S.Sos., memberikan pengarahan kepada seluruh prajurit yang terlibat dalam latihan YTP 203/AK TA. 2021.

Ia menyampaikan rasa bangganya terhadap prajurit Kodam Jaya/Jayakarta, dihadapkan dengan tugas di perkotaan dan dilihat dari intensitas latihan Prajurit Kodam Jaya/Jayakarta yang sangat minim, akan tetapi prajurit Kodam Jaya/Jayakarta mampu melaksanakan tugas di medan latihan dengan baik dan profesional, serta mampu menunjukkan semangat juang yang tinggi selama latihan.

“Alutsista canggih yang dimiliki oleh Korps Arhanud dengan perkenan akurasi yang tinggi, sehingga dapat dengan mudah menghancurkan sasaran, akan membuat korps Arhanud ke depan semakin jaya,” imbuhnya.

Kegiatan latihan ini diakhiri dengan makan siang bersama seluruh prajurit yang terlibat dalam latihan YTP 203/AK TA. 2021 dengan Dankodiklatad beserta tamu undangan dan ditutup dengan pengibaran Sang Merah Putih sebagai wujud kesetiaan prajurit TNI AD kepada NKRI.

(S: Dispenad)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker