Seputar Kepri

Kendati Pandemi, STT REAL Batam Mampu Selesaikan Pembelajaran Dan Utus Alumni

PRIMETIMES.ID, BATAM-
STT REAL Batam akhirnya dapat menyelesaikan pembelajaran semester genap tahun akademik 2020/2021 dengan baik sekalipun di tengah tantangan pandemi COVID 19.

Seperti yang dijelaskan oleh Dr. Otniel Otieli Harefa selaku Wakil Ketua 1 Bidang akademik, bahwa pelaksanaan pembelajaran selama masa pandemi 1 tahun akademik terakhir adalah sesuatu yang tidak mudah, sebab sistem pembelajaran yang mengalami perubahan dari onsite ke online.

“Pembelajaran secara online tidak sedikit tantangan dan masalah, baik dari aspek jaringan internet maupun kesiapan mahasiswa dan dosen, mengingat mahasiswa STT REAL Batam dari S1 – S3 berasal dari berbagai tempat di dalam dan luar negeri. Sekalipun demikian kesiapan STT REAL dalam pelaksanaan pembelajaran online mampu melaksanakan seluruh kegiatan tridarmanya sepanjang tahun akademik dengan baik,” ujarnya kepada Primetimes.id di Batam, Senin (21/06/2021).

Dalam arahan khotbahnya yang diambil dari Nats 2 Timotius 2:1-2, Dr Otniel menyampaikan agar setiap mahasiswa yang akan praktek libur semester maupun alumni yang diutus, untuk tetap kuat menghadapi segala keadaan.

“Tetap mengandalkan Tuhan. Senantiasa berjuang menjadi layak di hadapan Tuhan dan manusia, sehingga membawa keharuman bagi setiap kelompok masyarakat di tempat melayani,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Dr. Fransiskus Irwan Widjaja selaku Ketua STT REAL Batam, via selulernya kepada Primetimes.id mengatakan bahwa penutupan semester tahun ini lebih spesial karena disertai dengan pengutusan alumni utk menggenapi pengutusan alumni di bulan Maret yang lalu dan juga pengutusan alumni lima tahun terakhir di berbagai tempat di dalam dan di luar negeri sebelum masa pandemi.

Dr. F. Irwan Widjaja yang selalu berkeliling dari kota ke kota, desa ke desa dan pulau ke pulau, di mana pada saat pengutusan alumni kali ini sedang berada di Kota Sava Sabu, NTT, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh dosen, para Kepala Prodi, para wakil ketua dan seluruh staf struktural serta seluruh tenaga kependidikan dan secara khusus kepada Ketua SENAT STT REAL Batam Prof. Dr. Hendrik B. Tetelepta, M.Pd., yang tanpa lelah terus bergerak dalam menuntaskan semua kegiatan di masa sulit selama setahun terakhir.

Lebih jauh Dr. Irwan Widjaja yang juga sebagai Ketua Dept. Misi Penanaman Gereja dan Suku Terabaikan Sinode GBI itu mengatakan bahwa memang STT REAL Batam sesungguhnya telah mempersiapkan diri dalam pembelajaran online sebelum masa pandemi COVID 19, sebab arah pendidikan di era digital tidak lagi dibatasi oleh ruang kelas, oleh karenanya perguruan tinggi suka tidak suka wajib menyesuaikan diri dengan perkembangan revolusi industri yang terus berkembang. Dan STT REAL Batam akan hadir dalam perkembangan ini menjadi mitra strategis gereja dalam memperlengkapi sumber daya manusia yang unggul.

Dalam acara penutupan semester dan pengutusan alumni ini juga para Ka Prodi yang diwakili oleh Dr. Timotius Simatupang (Ka Prodi S1 Teologi) dan Dr. Haposan Simanjuntak (Ka Prodi S1 PAK) turut menyatakan kegembiraanya bahwa akhirnya di tengah masa masa sulit ini STT REAL Batam bisa menuntaskan semua kegiatannya dengan baik bahkan bisa mempersiapkan para alumni untuk diutus ke ladang pelayanan.

“Dan setelahnya kami akan mempersiapkan diri lebih lagi dalam penerimaan mahasiswa baru di semester ganjil 2021. Kami mengajak seluruh orangtua di berbagai tempat di tanah air untuk mempercayakan putra/putrinya diperlengkapi di STT REAL Batam,” terangnya.

Sementara itu, Ardianto Lahagu selaku Waket 3 sekaligus sebagai Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru menjelaskan ada beberapa alasan kenapa STT REAL Batam menjadi pilihan terbaik bagi para calon mahasiswa saat ini, yaitu :
1. STT REAL Batam (Institusi dan Prodi) memiliki legalitas akreditasi bahkan beberapa Prodi di antaranya terakreditasi B, yang merupakan standar minimum bagi penerimaan PNS dan P3K di beberapa tempat.
2. Memiliki kampus yg megah di Kota Batam dengan segala vasilitas pembelajaran yang memadai.
3. Setiap alumni akan difasilitasi dalam pengutusan jika belum ada tempat pelayanan atau tempat mengajar (rata rata masa tunggu para alumni adalah 0-6 bulan).
4. STT REAL Batam memiliki jaringan yang luas dalam bermitra di dalam dan luar negeri.
5. Memiliki dosen-dosen yang memenuhi kualifikasi baik kualifikasi akademik maupun pengalaman.
6. Bisa memilih sistem perkuliahan yang sesuai dengan waktu kegiatan calon mahasiswa, (kuliah pagi, siang dan malam).

Dengan segala kesiapannya dari berbagai aspek, Dr. Otniel Harefa yang juga menjabat sebagai Sekum PGI Wilayah Kepri, mengatakan bahwa STT REAL Batam adalah pilihan terbaik bagi setiap calon mahasiswa yang ingin memperlengkapi diri dalam ilmu teologi dan pendidikan agama kristen serta pendidikan kristen anak usia dini.

STT REAL Batam bersifat Interdenominasi dan siap bekerja sama dengan semua lembaga gereja yg ada di dalam dan luar negeri.

Saat ini mahasiswa STT REAl Batam berjumlah sekitar 800 mahasiswa dan target penerimaan mahasiswa tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 250 orang, dengan memberi kemudahan dan fasilitas beasiswa bagi yang sangat membutuhkan.

Adapun pendaftaran calon mahasiswa baru bisa secara langsung di kampus STT REAL Batam setiap hari kerja di gedung HOG, Eden Park, Jalan A.Yani, Batam, atau bisa juga secara online dengan mengunjungi website : sttrealbatam.ac.id.

(S: Ist/STT REAL BATAM)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker