Nusantara

Potret Keakraban Personil TNI AD Dengan Anak-Anak di Perbatasan Papua

PRIMETIMES.ID, JAKARTA- Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 403/Wirasada Pratista terus membangun kedekatan dengan anak-anak, salah satunya dengan mengajarkan bernyanyi dan belajar kepada para generasi muda di sekitar Pos Ubrub, Kampung Umuaf, Distrik Web, Kabupaten Keerom, Papua.

Demikian disampaikan Perwira Penerangan (Papen) Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista Lettu Chk Hendra Iskandar, S.H., M.H., dalam keterangan tertulisnya di Kabupaten Keerom, Papua, Senin (12/4/2021).

Papen mengungkapkan, kegiatan tersebut sebagai bukti telah terjalinnya hubungan emosional yang harmonis antara TNI (Personel Satgas) dengan anak-anak setempat.

“Bukti kedekatan emosional bisa terlihat dari canda dan tawa anak-anak yang bermain dan belajar di Pos Ubrub,” ujarnya.

Kedekatan emosional ini, tambah Papen, tentunya akan menciptakan rasa aman dan nyaman.

“Anak-anak di wilayah perbatasan akan merasa nyaman dan senang apabila selalu kita sambut dengan keramahan, tegur sapa, senyuman dan ajakan untuk belajar ilmu pengetahuan atau hal-hal positif yang baru yang belum mereka temui sebelumnya,” papar Papen Satgas Hendra.

Hal ini pun dibenarkan oleh Dankipur 2 (dua) Lettu Inf Fatkhur Greha W. S.T.Han, yang menyampaikan bahwa setiap sore hari anak-anak di Kampung Umuaf datang ke Pos Ubrub untuk bermain dan belajar.

“Ya, mereka setiap hari datang ke Pos untuk belajar tentang pelajaran di sekolahnya, dan sesekali kita ajak bernyanyi bersama,” kata Fatkhur.

Menurut Fatkhur, satgas selain bertugas pokok dalam menjaga wilayah perbatasan Negara Republik Indonesia (RI) dengan Negara Papua New Guinea (PNG), juga harus berperan aktif dalam membantu dan menjalin keakraban dengan warga sekitar khususnya anak-anak.

“Kegiatan ini sebagai wahana untuk lebih mengakrabkan dengan anak-anak yang ada di sini, melalui hiburan dengan mengajaknya belajar dan bernyanyi,” ucapnya.

Sementara itu, Musa (38) warga yang tinggal di sekitaran Pos Ubrub mengatakan bahwa anak-anak sangat senang dan bahagia bisa belajar dan bermain bersama anggota Satgas Pos Ubrub.

“Anak-anak sungguh senang Pak, Bapak TNI sudah peduli dengan anak-anak di sini. Kehadiran Bapak menjadi motivasi bagi anak-anak untuk lebih semangat lagi dalam belajar,” ucap Musa.

Ia berharap, para anggota Satgas untuk selalu dapat memberikan pelajaran-pelajaran baru yang lainnya di saat waktu senggang kepada anak-anak, sehingga bisa mendapatkan ilmu lebih banyak lagi.

“Saya berharap kepada Bapak TNI Pos Ubrub Satgas Yonif 403, agar di waktu senggangnya selalu dapat berbagi ilmu pelajaran-pelajaran yang baru kepada anak-anak kami agar semakin bertambah ilmu pengetahuannya,” pesan Musa.

(S: Dispenad)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker