Nasional

Resmi Diluncurkan, Ini 6 Kapal SAR Baru Untuk Perkuat Armada Lautnya

PRIMETIMES.ID, BATAM-
Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Kabasarnas) Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi melucurkan 6 Kapal SAR Kelas 2 di Tanjung Uncang, Batam.

Kabasarnas meluncurkan secara simbolis KN SAR Seta dan KN SAR Sanjaya, di mana bersamaan dengan kedua kapal tersebut diluncurkan juga 4 kapal lainnya yaitu KN. SAR Tetuka, KN. SAR Permadi, KN. SAR Puntadewa, dan KN. SAR Parikesit.

Alut SAR baru ini merupakan kapal kelas 2 tipe kapal cepat berteknologi cangih dengan spesifikasi panjang 40 meter lebar 7,80 meter, tinggi geladak utama 3,60 meter serta memiliki kecepatan maksimal 30 knot. Kapal berbahan alumunium ini memiliki 3 mesin 1.400hp dengan endurance 60 jam dan daya jelajah 1.200 Nm dengan kecepatan 20 knot.

Keenam kapal ini memiliki kemampuan Auto Pilot serta dilengkapi dengan Echo Sounder, ECDIS, Sea Rider berkapasitas 6 orang, alat komunkasi.

Satu unit diluncurkan pukul 10.30 WIB di galangan PT. Karimun Anugrah Sejati yaitu KN. SAR Seta yang rencananya akan memperkuat armada laut Kantor Pencarian dan Pertolongan Tarakan. Satu jam kemudian satu unit lainnya diluncurkan di galangan PT. Palindo Marine yaitu KN. SAR Sanjaya yang akan memperkuat armada laut Kantor Pencarian dan Pertolongan Medan.

Dalam sambutannya, Kabasarnas juga mengharapkan agar nantinya kapal-kapal ini mampu memberikan kontribusi yang nyata bagi pelayanan pencarian dan pertolongan.

“Mudah-mudahan dengan peluncuran KN. SAR Seta dan KN. SAR Sanjaya ini, mampu memberikan kontribusi yang nyata bagi pelayanan pencarian dan pertolongan sebagaimana peruntukannya,” terang Kabasarnas.

Turut hadir dalam acara ini, Deputi Bidang Sarana dan Prasarana, dan Sistem Komunikasi Pencarian dan Pertolongan Marsda TNI Suparmono, Direktur Sarana Prasarana Marsma TNI Agus Sudarmanto, S.E., M.Sc., Direktur Bina Tenaga Marsma TNI Arif Widianto, S.A.B., M. Tr. (Han), Kepala Biro Perencanaan Moh. Barokna Haulah, S.S, Inspektur Brigjen TNI Chanlan Adilane, S.I.P., M.A.P., Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Tanjungpinang dan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Natuna.

(S: Humas Basarnas)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker