Ekonomi

Ibu-Ibu di Kampung Bulang Naikkan Ekonomi Dengan Berkoperasi, PPKL Mustakim: Kalau Mereka Bisa, Kenapa Generasi Muda Tidak?

Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan, Mustakim (paling kanan), saat memberi penyuluhan pelaksanaan RAT di KSU Srikandi, Kampung Bulang. (Foto: Ist-Mus)

PRIMETIMES.ID, TANJUNGPINANG,
Umur boleh semakin tua, namun jiwa dan semangat berusaha tidak boleh termakan usia. Ungkapan tersebut sangat tepat ditujukan kepada puluhan ibu-ibu di salah satu sudut kota Tanjungpinang, persisnya di Kelurahan Kampung Bulang.

Adalah Koperasi Serba Usaha (KSU) Srikandi. Koperasi ini memiliki puluhan anggota yang semuanya adalah ibu-ibu yang sudah berusia 50 tahun ke atas. Sesuai dengan namanya, koperasi ini berhasil membantu ekonomi anggotanya setelah melalui perjuangan yang luar biasa.

Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan, Mustakim mengatakan KSU Srikandi ini telah banyak membantu pelaku-pelaku usaha mikro di daerah sekitarnya dalam mengembangkan usaha mereka.

“Sangat banyak membantu ekonomi masyarakat, khususnya para anggotanya,” ujarnya kepada primetimes.id saat melakukan pembinaan persiapan pelaksanaan RAT tahun buku 2019 di koperasi tersebut, Selasa, (17/03/2020).

Menurut Mustakim, hal tersebut dapat mereka capai karena seluruh pengurus dan anggota koperasinya sangat aktif dalam menggunakan jasa koperasi.

“Meskipun mereka terdiri dari para ibu yang sudah cukup tua, namun mereka mampu menumbuhkembangkan koperasi mereka. Dilihat dari kegiatan usaha koperasi, seluruh anggota sangat aktif menggunakan layanan jasa koperasi mereka,” ujar Mustakim.

Awalnya koperasi ini hanya mampu memjual kue-kue kering dan penganan lainnya hasil karya para anggotanya. Kini, salah satu pendapatan jasa koperasi ini adalah sewa rumah. Dengan hasil pencapaian koperasi yang berdiri sejak tahun 2007 ini, KSU Srikandi telah memiliki asset berupa rumah yang disewakan kepada masyarakat.

“Semangat dan karya mereka ini yang mau kita bagikan kepada generasi millenial Tanjungpinang. Kita mendapat pembelajaran dari para ibu yang luar biasa ini. Kalau mereka saja bisa, kenapa kita tidak?” Ujarnya.

Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan yang dikenal sangat peduli dengan usaha pengembangan perkoperasian ini juga mengajak seluruh generasi muda Tanjungpinang untuk mau berdikari, membangun ekonomi melalui koperasi.

“Mari membangun kemandirian ekonomi kita dengan berkoperasi. Koperasi adalah wadah terbaik untuk membantu diri kita sendiri dan menolong yang lemah secara ekonomi,” pungkas Mustakim penuh semangat.

(BUNG MANURUNG)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker