Seputar Kepri

TNI, Polri, Pemda Dan Masyarakat Tanjungpinang Gelar Gowes Sinergitas

PRIMETIMES.ID, TANJUNGPINANG,
Banyak hal yang dapat dilakukan untuk mempererat silaturahmi, menguatkan jalinan sinergitas dan harmonisasi antar sesama. Salah satunya dengan bersepeda bersama atau yang akrab disebut Gowes seperti yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Tanjungpinang bersama TNI Polri/Polres Tanjungpinang dan masyarakat, Senin, (20/1/2020) pagi.

Kapolres Tanjungpinang AKBP Muhammad Iqbal, SH, SIK, M.Si memimpin Personel Polres Tanjungpinang baik Pejabat Utama, Perwira dan Bintara yang mana pelaksanaan Gowes ini dihadiri Dandim 0315 Bintan Kolonel Inf I Gusti Ketut Artayuasa, Danlanudal Tanjungpinang Letkol Laut (P) Dani Achnisundani, Kadispers Lanud RHF Tanjungpinang Letkol adm Dimas Soleh Budhiarta, Danpom Lanud RHF Tanjungpinang Mayor Andhik, Kasimed Data Wing Udara 1 Mayor Laut (E) Yuliarso yang juga diikuti oleh Personel TNI di Kota Tanjungpinang serta masyarakat Kota Tanjungpinang dan Komunitas Pecinta Sepeda dengan total peserta berjumlah kurang lebih 500 orang.

Kapolres Tanjungpinang AKBP Muhammad Iqbal, SH, SIK, M.Si memulai pelaksanaan Gowes ini dengan mengangkat bendera Start bersama dengan unsur pimpinan TNI. Gowes sinergitas ini mengambil rute yang dimulai dari Mapolres Tanjungpinang menuju Jl. H.M. Sani (jembatan Dompak) yang selanjutnya mengelilingi kawasan Dompak dan kembali ke Mapolres Tanjungpinang dengan jarak tempuh kurang lebih 20 KM.

Pada pelaksanaan Gowes ini, Kapolres Tanjungpinang AKBP Muhammad Iqbal, SH, SIK, M.Si menyampaikan bahwa kegiatan Gowes ini merupakan inisiasi dari Polda Kepri dan diimplementasikan ke jajaran termasuk Polres Tanjungpinang dengan merangkul Stake Holder, baik TNI, Pemerintah Daerah dan juga masyarakat sebagai wujud harmonisasi seluruh elemen yang ada di Kota Tanjungpinang.

“Melalui pelaksanaan Gowes ini, harapan kita bersama agar Kota Tanjungpinang dapat menjadi wilayah yang sehat. Karena Gowes merupakan olah raga yang sangat bermanfaat bagi kebugaran tubuh,” ujarnya.

Rutinitas pelaksanaan gowes yang kita lakukan, lanjutnya, yang mana jika diikuti oleh sebagian besar masyarakat dan jika gowes atau bersepeda ini dapat dilakukan secara terus menerus sampai mengurangi atau bahkan dapat menggantikan penggunaan kendaraan bermotor dalam aktivitas sehari-hari, niscaya akan berdampak besar bagi meningkatnya kualitas udara segar.

“Karena berkurangnya kadar Karbon Monoksida akibat asap yang dikeluarkan dari knalpot kendaraan bermotor,” lanjutnya.

Menurut Kapolres, gowes juga merupakan olah raga yang dapat memberikan ketenangan dan kenyamanan jiwa karena sembari melaksanakan gowes, juga dapat menikmati keindahan alam dan lingkungan di sekeliling selama dalam perjalanan. Secara tidak langsung akan membangkitkan semangat untuk melestarikan lingkungan, menghijaukan alam dengan tumbuh-tumbuhan demi kelestarian lingkungan.

“Untuk itu mari bersama kita ciptakan Kota Tanjungpinang, Kepri yang Hijau untuk keberlangsungan kehidupan yang baik,” terang Kapolres.

Yang tak kalah pentingnya bagi Polri, ujar Kapolres, dalam hal ini Polres Tanjungpinang, Polda Kepri adalah Gowes yang dilaksanakan kali ini merupakan suatu bentuk pelaksanaan patroli kamtibmas. Yang mana sembari mengayuh sepeda, para Personel juga dapat mengamati lingkungan sekitar yang dilaluinya. Mengetahui karakteristik, memantau situasi dan kondisi lingkungan tersebut, juga sambil bertegur sapa dengan masyarakat yang ditemui selama perjalanan pelaksanaan gowes.

Dengan menempuh jarak kurang lebih 20 KM bertepatan dengan tanggal 20 pelaksanaan kegiatan gowes kali ini, di bulan Januari yang mengawali tahun 2020.

“Mari kita ciptakan suasana yang sehat untuk mewujudkan Kamtibmas Kota Tanjungpinang, Kepri di tahun 2020 menjadi lebih baik, aman, damai dan kondusif dalam mendukung pembangunan Nasional,” pungkasnya.

(Sumber: Humas Polres TPI).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker