Seputar Kepri

Optimalkan Latpam TA 2019, Lanudal Barat Gelar Tactical Floor Game (TFG)

PRIMETIMES.ID, TANJUNGPINANG,
Tindak lanjut materi dan geladi parsial yang telah dilaksanakan dalam pelaksanaan Latihan Pengamanan (Latpam) Lanudal Barat TA. 2019 oleh Pangkalan Udara TNI Angkatan Laut (Lanudal) Tanjungpinang terus berjalan tahap demi tahap dan telah memasuki tahapan latihan drill Taktis Tactical Floor Game (TFG).

Hal ini dimaksudkan, agar setelah para peserta memahami materi skenario latihan dan memiliki ketangkasan dari pelaksanaan geladi parsial masing-masing bagian dapat terintegrasikan.

Demikian disampaikan Komandan Lanudal Tanjungpinang selaku Dansatgas Latpam Lanudal TA.2019, Letkol Laut (P) Dani Achnisundani S.H., M.Tr. Hanla. dalam pelaksanaan kegiatan Drill Taktis Tactical Floor Game (TFG) di Gedung Olah Raga (GOR) Markas Komando (Mako) Lanudal Tanjungpinang, Jalan Nusantara KM. 12,5 Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri), Rabu (06/11).

Lebih lanjut, Danlanudal Tanjungpinang sampaikan, bahwa pelaksanaan drill taktis TFG ini untuk mengintegrasikan satuan unsur-unsur yang terdiri dari peserta jajaran Lanudal Tanjungpinang, Wing Udara 1 Tanjungpinang, Fleet One Quick Response (F1QR) Satkopaska Koarmada I, Yonmarhanlan IV Tanjungpinang, Avsec Bandara RHF, PKPPK Bandara RHF, AMC Bandara RHF, RSAL dr. Midiato Suratani, AirNav Bandara RHF, Tim Massa dan Pomal.

Latpam Lanudal Barat TA. 2019 menjadi suatu kebanggaan dan pengalaman sekaligus kehormatan, ujar Letkol Dani selaku Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Latpam Lanudal Barat TA.2019, karena penyematan tanda peserta dan briefing awal latihan dilakukan oleh Komandan Puspenerbal Laksma TNI Edwin S.H., M. Han. dan merupakan latihan yang pertama kali dilakukan oleh Lanudal Tanjungpinang serta pelaksanaan drill taktis TFG diawasi langsung oleh Penasehat dari Mabesal Kolonel Marinir I Wayan Ariwijaya yang sehari-hari menjabat sebagai Pamen Koorsahli Kasal Bidang Operasi dan Latihan (Opslat), Dirops Puspenerbal Kolonel Laut (P) Andri Wahyudi selaku Kawasdal, Peninjau dari Sopsal Mabesal Letkol Laut (P) Eko Setiyono, Penilai dari Kolat Koarmada I dan Kolat Penerbal.

Sementara itu dalam pelaksanaan drill taktis TFG Latpam Lanudal Barat TA. 2019 para tertua masing-masing bagian melaporkan kesiapannya sesuai dengan skenario yang sudah dilatihkan.

Selanjutnya dilaksanakan diskusi bersama guna memastikan mekanisme pelaksanaan Latpam Lanudal Barat TA.2019 sudah tidak ada kendala lagi.

Dalam diskusi, Penasehat dari Mabesal Kolonel Marinir I Wayan Ariwijaya yang merupakan Pamen TNI AL yang sudah malang melintang di medan tugas dan latihan, sangat mengapresiasi pelaksanaan TFG.

“Dapat dipahami semua peserta sehingga pelaksanaannya berjalan dengan baik dan lancar sesuai skenario latihan,” ujarnya.

Kolonel Marinir Wayan juga menyampaikan di antaranya, dalam latihan, ada beberapa metode, di antara teori pelajaran dan Olah Yudha atau TFG yang bertujuan untuk menguji rencana.

“Untuk itu, Lanudal Tanjungpinang yang satuan markasnya melekat dengan salah satu objek vital nasional di Kepulauan Riau, diuji kemampuannya oleh komando atas untuk menangani, apabila tempat tersebut (Bandara RHF Tanjungpinang, red) terjadi permasalahan,” katanya.

Maka dari itu, lanjut Penasehat Mabesal, Danlanudal Tanjungpinang merencanakan latihan yang disimulasikan terjadinya aksi huru-hara massa dan ancaman bom di objek vital nasional bandara RHF Tanjungpinang dengan nama Latpam Lanudal Barat TA.2019.

Senada dengan itu, Letkol Dani, atas nama prajurit Lanudal Tanjungpinang mengucapkan terima kasih atas motivasi yang diberikan Penasehat dari Mabesal Kolonel Wayan.

“Kami bersama seluruh peserta Latpam Lanudal Barat 2019 akan berusaha semaksimal mungkin agar dalam pelaksanaan latihan yang mengusung tema, “Puspenerbal Melaksanakan Latpam Lanudal Barat TA. 2019 Guna Mendukung Tugas Pokok TNI AL”.┬ádapat berjalan lancar dan Zero Accident, sesuai harapan komando atas,” tutupnya.

(Pen Lanudal Tanjungpinang).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker